Selasa, 30 Juni 2009

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN MASING- MASING TEST OBJEKTIF DAN ESSAYS


I. TEST OBJEKTIF

  1. TEST OBJEKTIF

1. Kelebihan Test Objektif yaitu:

v Untuk menjawab test objektif tidak banyak memakai waktu.

v Reabilitynya lebih tinggi kalau di bandingkan dengan test Essay, karena penilainnya bersifat objektif.

v Pemberian nilai dan cara menilai test objektif lebih cepat dan mudah karena tidak menuntut keahlian khusus dari pada si pemberi nilai.

v Objekti test tidak memperdulikan penguasaan bahasa, sehingga mudah dilaksanakan.

v Validity test objektif lebih tinggi dari essay test, karena samplingnya lebih luas.

2. Kelemahan Test Objektif yaitu :

v Murid sering menerka-nerka dalam memberikan jawaban, karena mereka belum menguasai bahan pelajaran tersebut.

v Memang test sampling yang diajukan kepada murid- murid cukup banyak, dan hanya membutuhkan waktu yang relative singkat untuk menjawabnya.

v Tidak biasa mengajak murid untuk berpikir taraf tinggi.

v Banyak memakan biaya, karena lembaran item- item test harus sebanyak jumlah pengikut test.

B. SALAH- BENAR atau True- False (T- F)

1. Kelebihan S- B yaitu :

v Soal ini baik untuk hasil- hasil, dimana hanya ada dua alternative jawaban.

v Tuntutan kurang ditekankan pada kemampuan baca.

v Sejumlah soal relative dapat dijawab dalam tipe test secara berkala.

v Penilaian mudah, objektif dan dapat dipercaya.

2. Kelemahan S- B yaitu :

v Sulit menuliskan soal diluar tingkat pengetahuan yang bebas dari maksud ganda.

v Jawaban soal tidak memberikan bukti bahwa siswa mengetahui dengan baik.

v Tidak ada informasi diagnostic dari jawaban yang salah.

v Memungkinkan dan mendorong siswa untuk menerka-nerka.

C. PILIHAN BERGANDA atau Multiple Choise ( M- Ch)

1. Kelebihan Pilihan Berganda yaitu:

v Hasil belajae yang sederhana sampai yang komplek dapat diukur.

v Terstruktur dan petunjuknya jelas.

v Alternatif jawaban yang salah dapat memberikan informasi diagnostik.

v Tidak dimungkinkan untuk menerka jawaban.

v Penilaian mudah, objektif dan dapat dipercaya.

2. Kelemahan Pilihan Berganda yaitu:

v Menyusunnya membutuhkan waktu yang lama.

v Sulit menemukan pengacau.

v Kurang efektif mengukur beberapa tipe pemecahan masalah, kemampuan untuk mengorganisir dan mengekspresikan ide.

v Nilai dapat dipengaruhi dengan kemampuan baca.

D. ISIAN atau Completion

1. Kelebihan Isian atau Completion yaitu :

v Sangat mudah dalam penyusunannya.

v Lebih menghemat tempat ( menghemat kertas ).

v Persyaratan komprehensif dapat dipenuhi oleh test model ini.

v Digunakan untuk mengukur berbagai taraf kompetensi dan tidak sekedar mengungkap taraf pengenalan atau hafalan saja.

2. Kelemahan Isian atau Completion yaitu :

v Lebih cenderung mengungkap daya ingat atau aspek hafalan saja.

v Butir- butir item dari test model ini kurang relevan untuk diajukan.

v Tester kurang berhati-hati dalam menyusun kalimat dalam soal.

E. JAWABAN SINGKAT atau SHORT ANSWER

1. Kelebihan Jawaban Singkat yaitu :

v Mdah dalam perbuatan

v Kemungknan menebak jawaban sangat sulit

v Cocok untuk soal- soal hitungan

v Hasil- hasil pengetahuan dapat diukur secara luas

2. Kelemahan Jawaban Singkat yaitu:

v Sulit menyusun kata- kata yang jawabannya hanya satu.

v Tidak cocok untuk mengukur hasil- hasil belajar yang komplek.

v Penilaian menjemukan da memerlukan waktu banyak.

F. MENJODOHKAN atau MATCHING

1. Kelebihan Menjodohkan yaitu:

v Suatu bentuk yang efisien diberikan dimana sekelompok respon sama menyesuaikan dengan rangkaian isi soal.

v Waktu membaca dan merespon relative singkat.

v Mudah untuk dibuat.

v Penilaian mudah, objektif dan dapat dipercaya.

2. Kelemahan Menjodohkan yaitu:

v Materi soal dibatsi oleh factor ingatan/ pengetahuan yang sederhana dan kurang dapat dipakai untuk mengukur penguasaan yang bersifat pengertian dan kemampuan membuat tafsiran.

v Sulit menyusun soal yang mengandung sejumlah respon yang homogen.

v Mudah terpengaruh dengan petunjuk yang tidak relevan.

II. TEST ESSAY

B. TEST ESSAY

1. Kelebihan Test Essay yaitu:

Ø Peserta didik dapat mengorganisasikan jawaban dengan pendapatnya sendiri.

Ø Murid tidak dapat menerka- nerka jawaban soal.

Ø Test ini sangat cocok untuk mengukur dan mengevaluasi hasil suatu proses belajar yang kompleks yang sukar diukur dengan mempergunakan test objektif.

Ø Derajad ketepatan dan kebenaran murid dapat dilihat dari kalimat- kalimatnya.

Ø Jawaban diungkapakan dalam kata- kata dan kalimat sendiri, sehingga test ini dapat digunakan untuk melatih penyusunan kalimat dengan bahasa yang baik, benar, dan cepat.

Ø Test ini digunakan dapat melatih peserta didik untuk memilih fakta yang relevan dengan persoalan, dan Sukar dinilai secara tepat mengorganisasikannya sehingga dapat mengungkapkan satu hasil pemikiran yang terintegrasi secara utuh.

2. Kelemahan Test Essay yaitu:

Ø Sukar dinilai secara tepat.

Ø Bahan yang diukur terlalu sedikit, sehingga agak sulit untuk mengukur penguasaan siswa terhadap keseluruhan kurikulum.

Ø Sulit mendapatkan soal yang memiliki standar nasional maupun internasional.

Ø Membutuhkan waktu memeriksa hasilnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar